Doa Kedua Orang Tua: Bacaan dan Keutamaan yang Terkandung

0
163

Doa kedua orang tua dipanjatkan sebagai tanda bakti anak terhadap ayah dan ibunya. Mendoakan orang tua dapat dilakukan ketika mereka hidup maupun sudah meninggal dunia.
Berbakti kepada orang tua tercantum dalam sejumlah ayat Al-Qur’an dan hadits, salah satunya surah Luqman ayat 14.

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

Lantas, doa seperti apa yang dapat dipanjatkan untuk kedua orang tua?

Mengutip dari buku Doa Yuk: Kumpulan Doa Sehari-Hari untuk Pembentukan Karakter Anak oleh Mochamad Soleh, berikut doa kedua orang tua yang dapat dipanjatkan.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Arab latin: Allahummaghfirlii waliwaalidayya war ham humaa kama rabbayaanii shagiiraa

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (ibu dan bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

Selain itu, ada juga doa kedua orang tua versi lainnya yang merujuk pada surah Al Isra ayat 24.

رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرً

Arab latin: Rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī ṣagīrā

Artinya: “Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua (menyayangiku ketika) mendidik aku pada waktu kecil.”

Disebutkan dalam buku Doa-Doa Mustajab Orang Tua untuk Anaknya: Kekuatan Doa Orang Tua Bisa Mengubah Takdir, Bahkan Menghidupkan Anak yang Sudah Mati susunan Aulia Fadli, doa kedua orang tua juga bersumber dari firman Allah SWT dalam surah Ibrahim ayat 41.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Arab latin: Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu’minīna yauma yaqūmul-ḥisāb(u).

Artinya: “Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).”

Keutamaan Mendoakan Orang Tua
Mendoakan orang tua menjadi salah satu bakti seorang anak. Ada keutamaan yang terkandung di dalamnya, salah satunya termasuk sebagai amal yang paling utama seperti disebutkan dalam hadits..

Dari Abdullah bin Mas’ud RA, ia bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasulullah, apakah amal paling utama?’ ‘Salat pada waktunya,’ Jawab Rasul. a bertanya lagi, ‘Lalu apa?’ ‘Lalu berbakti kepada kedua orang tua,’ jawabnya. Ia lalu bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ ‘Jihad di jalan Allah,’ jawabnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Selain itu, doa anak yang berbakti kepada orang tuanya menjadi doa yang mustajab. Mendoakan kedua orang tua yang masih hidup tergolong sebagai salah satu bentuk bakti anak kepada ibu bapak yang paling utama. Keutamaannya bahkan melebihi jihad fii sabilillah di medan perang.

Itulah doa kedua orang tua dan keutamaan di baliknya. Jangan lupa diamalkan ya!